AHLAN WASAHLAN,ISLAM MUMTAZ, JANGAN LUPA TINGGALKAN KOMENTAR

Download Kitab Mantiq PDF

Download Kitab Mantiq
Salah satu filsafat yang banyak digunakan  dan diajarkan di pesantren-pesantren di Indonesia adalah Ilmu mantiq. adapaun definisi Mantiq adalah sebuah ilmu yang membahas tentang alat dan formula berpikir. hal ini bertujuan untuk menjaga cara berfikir santri dari kesalahan.

Terdapat perbedaan pendapat dikalangan para ulama tentang hukum mempelajari ilmu mantiq ini, yang secara sistematis sebagai berikut :

  • Ilmu Mantiq yang bercampur dengan Filsafat Ketuhanan
  1. "Haram" (Dilarang), pendapat ini muncul dari Imam Nawawi dan Ibnu Sholah
  2. "Dianjurkan", pendapat ini dicetuskan oleh Abu Hamid Muhammad bin Muhammad al-Ghazali, beliau beralasan, bahwa seseorang tidak dapat menghindari kesalahan filsafat, jika tidak memahami filsafat itu sendiri. Selain itu beliau juga mengatakan, orang yang tidak memahami ilmu mantiq (yang bercampur dengan filsafat, maka ilmunya masih diragukan"
  3. "Boleh", pendapat ini, dicetuskan oleh Jumhurul Ulama (Kebanyakan Ulama), mereka memberikan beberapa syarat, yaitu : a) yang mempelajarinya adalah orang yang sudah memiliki dasar aqidah yang kuat, dan b) memiliki keteguhan dalam pemahaman al-Quran dan Hadits.
  • Ilmu Mantiq yang tidak bercampur dengan Filsafat Ketuhanan, para ulama sepakat memperbolehkan mempelajari jenis mantiq yang kedua ini. salah satu kitab  sehubungan dengan ilmu mantiq yang kedua ini, adalah "Sullamu al-Munawwaroq"

Artikel yang Perlu Anda Baca

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Ada gak terjemahnya . . ?
Kalau ada mhon di kasi tau linknya

islam mumtaz mengatakan...

Masih dalam proses saudaraku,,,,

Poskan Komentar

silahkan komentar..... tapi tetap dengan sopan

Copyright © Islam Mumtaz - Blogger Theme by BloggerThemes & newwpthemes - Sponsored by Internet Entrepreneur