AHLAN WASAHLAN,ISLAM MUMTAZ, JANGAN LUPA TINGGALKAN KOMENTAR

Download Buku Karangan Fazlur Rahman

 Fazlur Rahman
Fazlur Rahman adalah salah satu mufassir liberal-reformatif yang diberi kesempatan “sejarah” untuk menerapkan gagasan neomodernisnya. Fazlur Rahman lahir di anak benua Indo-Pakistan pada 21 September 1919 tepatnya di Hazara di Barat Laut Pakistan.


Fazlur Rahman dibesarkan dalam tradisi keluarga yang shalih yang bermadzhab Hanafi, sebuah madzhab yang lebih bersifat rasionalis  dibandigkan dengan madzhab lainnya, seperti Maliki, Syafi’ie dan Hanbali. Ayahnya adalah salah seorang ulama tradisional yang menanamkan kepadanya pendidikan dasar keagamaan

Pendidikan dasar yang dilalui Fazlur Rahman pada usia sekolah adalah dalam bidang wacana Islam Tradisional dibawah bimbingan ayahnya. Wacana pendidikan Islam tradisional biasanya di awali dengan menghafal teks al-Quran, di samping mempelajari bahasa Arab, Bahasa Persia, Ilmu Retorika, Sastra, Logika, Filsafat, Kalam, Fikih, Hadits dan Tafsir. Perlu diakui bahwa, wacana-wacana ini prosentasi dan muatannya relatif berbeda pada masing-masing madrasah.
 
Ketika berusia 14 tahun (1933), keluarga Fazlur Rahman hijrah ke Lahore, kota dimana dia mengecap pendidikan modern pertamanya. Meskipun demikian, di Lahore Fazzlur Rahman juga tetap menimba pengetahuan Islam tradisional dibawah asuhan ayahnya. Pada tahun 1940, ia menyelaikan sarjana muda (B.A) dalam jurusan bahasa arab di universitas Punjab. Dua tahu kemudian, Fazlur Rahman berhasil meraih gelar master of arts (M.A) dalam jurusan dan universitas yang sama (1942). Pada tahun 1946, ia melanjutkan studi pada program doktor (Ph.D Program) di Universitas Oxford, Iggris. dan kemudian menyandang gelar doktor di bidang sastra pada 1950. Pada program ini Fazlur Rahman mengkonsentrasikan kajiannya dalam jurusan filsafat.
 
Pada periode 1962-1968 setelah kembali ke Pakistan Fazlur Rahman menduduki jabatan yang penting sehingga terlihat secara intens upaya menafsirkan ajaran Islam dalam program pembaharuan di Pakistan. Dia diangkat sebagai direktur central Institute of islamic Research dan sebagai anggota Advisory Council of Islamic Ideology. Lembaga tersebut dibentuk untuk mengadakan penelitian dan menafsirkan ajaran Islam dalam pengertian rasional dan Ilmiah untuk kebutuhan masyarakat modern dan progresif.
 
Dilihat dari karya-karyanya, setidaknya ia menguasai bahasa Inggris, Latin, Yunani, Prancis, Jerman, dan Turki. Disamping dia juga mengusai bahasa Urdu, Arab, dan Persia.

Karya-karya Fazlur Rahman yang dipublikasikan dalam bentuk buku seluruhnya adalah : Avicennas Psychology (1952), Prophecy in Islam; Philosophy and Ortodoxy (1958), Islamic Metodology in History (1965), Islam (1966), The Philosophy of Mulla Sadra (1975), Major Themes of The Quran (1980), Islam and Modernity: Transformation of an Intellectual Tradition (1982), Health and Medicine in Islamic Tradition; Change and Identity (1987), Revival and Reform in Islam (2000).

Silahkan Download Buku Karangan Fazlur Rahman berikut ini :
Sumber : Galeri Kitab Kuning

Artikel yang Perlu Anda Baca

0 komentar:

Posting Komentar

silahkan komentar..... tapi tetap dengan sopan

Copyright © Islam Mumtaz - Blogger Theme by BloggerThemes & newwpthemes - Sponsored by Internet Entrepreneur