AHLAN WASAHLAN,ISLAM MUMTAZ, JANGAN LUPA TINGGALKAN KOMENTAR

Download Burdah dan Barzanji PDF

Burdah dan Barzanji
Masyarakat Indonesia siapa yang tidak tahu dengan Burdah dan Barzanji ? kedua kitab karangan para ulama terkemuka ini, berisi tentang sejarah Rasulullah saw.  yang diungkapkan dalm gubahan sastra dari bait perbait.

Imam Al-Bushiry Pengarang Qashidah Burdah. Telah menggugah dan membuat kagum banyak penyair terkenal, sehingga mereka mengarang syair-syair menapaktilasi dan banyak ulama menulis penjelasan dan uraian Qashidah Burdah tersebut. 


Qashidah Burdah terdiri dari beberapa unsur, di bagian depan syairnya berisi tentang mengingat kepada kekasih, kerinduan, dan cinta kepada Rasulullah saw. , berikutnya berisi tentang peringatan dari godaan hawa nafsu, kemudian pujian-pujian kepada Nabi, tentang kelahiran dan beberapa mukjizatnya. Selanjutnya berisi tentang Alquran, isra’ mi’raj, jihad dan tawassul.

Secara historis, Kitab Barzanji ditulis di tengah-tengah pertumbuhan iklim penulisan karya-karya penuh sastra . Itulah yang menjadikan karya Syaikh Ja'far Ibn Husin Ibn Abdul Karim Al-Barzanji ini memiliki kandungan sastra yang fenomenal. Sehingga, sering kali disebut sebagai seni sastra yang akan hidup hingga akhir zaman. Dan itu terbukti, syair-syair Barzanji selalu dibacakan di setiap majelis maulid dan shalawat atas Nabi Saw, termasuk masyarakat indonesia yang membacanya setiap malam jumat.

Para ahli sastra menyebut Maulid Barzanji ini sebagai biografi puitis Nabi Muhammad Saw. Karena di dalamnya Syaikh Ja'far benar-benar menceritakan sisi-sisi penting kehidupan Nabi Saw secara puitis dan sastrai. Dalam kitab itu dimuat tentang kehidupan Nabi Muhammad yang mencakup; silsilah keturunannya, masa kanak-kanaknya, remaja, pemuda, hingga diangkatnya beliau menjadi Rasul. Di dalamnya juga diketengahkan sifa-sifat mulia beliau, serta berbagai peristiwa yang harus dijadikan teladan umat manusia. Semua itu dituliskan dengan kata-kata yang sangat indah dan membangkitkan emosi.

Silahkan  Download Burdah dan Barzanji PDF berikut ini
Sumber :

Galeri Kitab Kuning
NU.or.id
Mizan.com

Artikel yang Perlu Anda Baca

0 komentar:

Posting Komentar

silahkan komentar..... tapi tetap dengan sopan

Copyright © Islam Mumtaz - Blogger Theme by BloggerThemes & newwpthemes - Sponsored by Internet Entrepreneur