AHLAN WASAHLAN,ISLAM MUMTAZ, JANGAN LUPA TINGGALKAN KOMENTAR

Biografi Abu Hasan al-Asy'ari (Part-2)

Sekilas Biogafi Abu Hasan Al-Asy'ari
Setelah pada bagian pertama penulis paparkan nama dan guru-guru Abu Hasan Al-Asy'ari, maka pada tulisan kali ini, penulis sebutkan murid-murid Abu Hasan al-Asy’ari
1. Al-Imam Ibnu Mujahid (w. 370 H/ 980 M)
Nama aslinya adalah Abu Abdillah Muhammad bin Ahmad bin Muhammad bin Ya’qub bin Mujahid al-Tha’i al-Bashri, seorang ahli teologi an pengikut madzhab Maliki. Beliau guru dari al-Qadhi Abu Bakar al-Baqilani.
2. Al-Imam abu Zaid al-Marwazi (301-371 H/ 913-982 M)
Nama Aslinya adalah Abu Zaid Muhammad bin Ahmad bin abdullah bin Muhammad al-Marwazi, seorang ulama yang menyandang gelar al-Mufti, al-Zahid. Dan seorang perawi hadits shahih dari jalur al-Farabri.
3. Al-Imam Ibnu Khafif al-Dhabbi (276-371 H/ 890-982 M)
Nama Aslinya Abu Abdillah Muhammad bin Khafif bin Isfiksyad al-Dhabbi al-Syirazi. Salah seorang ulama yang menyandang gelar al-Imam al-‘Arif. Dan pengikut madzhab Syafi’ie.
4. Al-hafidz Abu Bakar al-Isma’ili (277-371 H/ 890-982 M)
Al-Imam Abu Bakar Ahmad bin Ibrahim bin Ismail al-Ismaili al-Jurjani, seorang ulama yang menyandang gelar al-Hafidz, al-Hujjah, al-Faqih dan Syaikhul Islam, pengikut Madzhab Syafi’ie dan pengarang kitab al-Shahih.
5. Al-Imam Abu Hasan al-Bahili
Al-Imam Abu Hasan al-Bahili al-Bashri merupakan guru para teolog muslim pada masanya, dan murid Abu Hasan al-Asy’ari. Pada awalnya beliau adalah pengikut Syiah Imamiyah, namun akhirnya beliau bertemu dengan Abu Hasan al-Asy’ari dan banyak melakukan diskusi akhirnya beliau mencabut dirinya dari Sy’ah dan mengikuti Abu Hasan al-Asy’ari.
6. Al-Imam Bundar al-Syirazi al-Shufi (w. 353 H/ 964 M)
Abu Husain Bundar bin al-Husain bin Muhammad al-Muhallab al-Syirazi al-Shufi, adalah seorang murid sekaligus Khadam Abu Hasan al-Asy’ari.
7. Al-Imam Ali bin Mahdi al-Thabari
Abu al-Hasan Ali bin Muhammad bin Mahdi al-Thabari, termasuk tokoh terkemuka dibidang teologi dan murib abu Hasan al-Asy’ari. Salah satu karyanya yang populer adalah Ta’wilu al-Ahadits al-Musykilat Fi al-Shifat.
8. Al-Imam Abu al-Husin bin Sam’un (300-387 H/ 912-997 M)
Abu alHusain Muhmmad bin Ahmad bin Ismail bin Abbas bin Sam’un al-Baghdadi. Beliau termasuk ahli fiqih terkemuka dalam Madzhab Hanbali, seperti yang disebutkan oleh Ibnu Abi Ya’la dalam kitabnya Thabaqat al-Hanabilah.
9. Al-Imam Abu Sahal al-Shuluki (296-369 H/ 908-980 M)
Nama Aslinya adalah Abu Sahal Muhammad bin Sulaiman bin Muhammad bin Sulaiman al-Shuluki al-hanafi al-Ijli. Salah seorang pakar teologi, tashawwuf, fiqih dan murid Abu Hasan al-Asy’ari.
10. Al-Imam Abu Bakar al-Qaffal (291 – 365 H/ 904-976 M)
Nama Aslinya Abu Bakar Muhammad bin ali bin Ismail al-Syasyi al-Qaffal al-Kabir. Termasuk ulama yang produktif dan ahli dibidang teologi, hadits, fiqih dan lain sebagainya, salah satu karangannya adalah Kitabu al-jadal, Ushulu al-Fiqhi, Syarhu al-Risalah.

Artikel yang Perlu Anda Baca

0 komentar:

Posting Komentar

silahkan komentar..... tapi tetap dengan sopan

Copyright © Islam Mumtaz - Blogger Theme by BloggerThemes & newwpthemes - Sponsored by Internet Entrepreneur