AHLAN WASAHLAN,ISLAM MUMTAZ, JANGAN LUPA TINGGALKAN KOMENTAR

Download Karangan Imam Suyuti PDF


Karangan Imam Suyuti 
Nama Lengkap Imam Suyuti  : Abdurrahman bin al-Kamal, Abi Bakr bin Muhammad bin Sabiquddin bin al-Fakhr Utsman bin Nazhiruddin Muhammad bin Saifuddin Khidr bin Najmuddin Abi al-Shalah Ayyub bin Nashiruddin Muhammad ibnu Syekh Humamuddin al-Khudhairi as-Suyuti.
Suyuti kecil tumbuh dan berkembang dalam keadaan yatim, namun dia tetap terkenal cerdas. Terbukti, pada usia kurang dari delapan tahun  telah mampu menghafal Alquran, kitab Al-Umdah, Kitab Minhaj (dalam ilmu fikih), Kitab Usul Fiqh dan Alfiyyah Ibnu Malik.

Pada awal tahun 864 H semakin tekun mempelajari ilmu agama. Ia belajar ilmu fikih dan nahwu dari beberapa guru dan ulama terkenal saat itu. Ia belajar ilmu faraidh dan Majmu’ dari Al-Allamah Syekh Syihabuddin al-Syarimsahi. Diceritakan bahwa umur Syaikh tersebut telah melewati usia lebih dari seratus tahun.
Pada usia yang masih cukup muda itu, Imam Suyuti  telah memulai mengarang buku. Buku pertama yang menjadi buah karyanya adalah Syarh al-Istifaadah wal Basmalah. Buku tersebut kemudian diperlihatkan pada gurunya, Syaikh Alamuddin al-Bulqinidan rupanya sang guru berkenan menulis kata pengantar dalam kitab tersebut.
Kendatipun sudah mengajar dan mengarang namun aktivitas belajar masih giat ia lakukan. Sebab semakin seseorang belajar semakin merasa bodoh dan semakin tahu betapa banyak hal yang belum dan mesti diketahui. Oleh karena itu as-Suyuthi juga belajar kitab MinhajSyarh al-Bahjah dan Hasyiyah-nya dan Tafsir Baidhawi pada Syekh Syarafuddin al- Munawi. Dalam bidang ilmu hadits dan ilmu tata bahasa, Imam Suyuti berguru pada Syaikh Taqiyuddin al-Syibli al-Hanafi selama empat tahun. Dia juga telah memberikan kata pengantar dalam kitab Syarh Alfiyyah dan kitab Jam'ul jawami' dalam ilmu tata bahasa arab.
Imam Suyuti juga berguru pada Syekh Muhyiddin al-Kafiji dan Syekh Saifuddin al-Hanafi dalam berbagai disiplin ilmu. Belajar, mengajar dan mengarang hampir menjadi nafas guru besar ini. Maka tidak aneh buah karya Imam Suyuthi mencapai 300 kitab.
Silahkan Download Beberapa Karangan Imam Suyuti Versi PDF
Kunjungi : Galeri Kitab Kuning, Untuk mendapatkan Kitab-kitab versi PDF yang lainnya...

Artikel yang Perlu Anda Baca

2 komentar:

Tutuk Joilendra mengatakan...

Semoga pemilik blog ini termasuk orang-orang yang berjuang di jalan Alloh.

San3DARUSSALAM mengatakan...

makasih mas izin dwld

Posting Komentar

silahkan komentar..... tapi tetap dengan sopan

Copyright © Islam Mumtaz - Blogger Theme by BloggerThemes & newwpthemes - Sponsored by Internet Entrepreneur